Sebagai galery pribadi dan umum

Tukang kayu pemula wajib punya 7 alat ini

  Woodworking atau pengerjaan kayu bisa juga di sebut tukang kayu sangat menyenangkan apalagi rumah sendiri sebagai perusahaan ,menekuni atau berprofesi sebagai tukang kayu punya wibawa tersendiri bisa di katakan orang jenius karna bisa mengeluarkan ide-ide dalam pikiran jadi nampak . belajar menjadi tukang kayu itu harus sabar , teliti dan harus menyukai pekerjaan tersebut.  Menjadi tukang kayu bisa karena hobi , bisa karena bisnis usaha skala besar atau industri rumahan , mempunyai modal yang cukup dan skil .

  Jadi sudah siap jadi tukang kayu , kalau sudah siap!! siapkan alat-alat di bawah ini ;




1.Mesin Ketam/Serut (Planner)

     Berfungsi untuk menghaluskan sisi kayu setelah proses penggergajian. Mesin ketam standar bekerja dengan menghaluskan permukaan satu demi satu sisi kayu. Hanya satu meja kerja yang terdapat pisau penyerut. Pada perkembangannya mesin ini bisa sekaligus menyerut 4 sisi kayu dan dikombinasi dengan jenis pisau lainnya.
Poros pisau terpasang horisontal dengan meja penghantar vertikal. Hasil kerja dari mesin ini harus menjadi ukuran final yang tidak mungkin lagi dikurangi kecuali dengan amplas. Hasil permukaan dari kerja mesin ini akan halus, lebih halus dari mesin gergaji karena tidak akan terdapat cuttermark sebesar gergaji.Harga mesin ini kisaran 500rb sampai 1juta tergantung merek.



2.MESIN GERGAJI: JIGSAW & CIRCULAR SAW

 Fungsi mesin serkel itu banyak sekali manfaatnya, Bahkan alat yang bisa di katakan alat serba guna, Seperti membelah kayu dari yang kecil sampai yang besar. Dan juga di gunakan saat membuat purusan atau memotong memelan biasa saat ketika selesai membuat purusan, Kadang kala para tukang kayu ketika akan memotong memelan purusan, Itu menggunakan gergaji potong manual, Padahal jika menggunakan mesin serkel itu lebih baik bahkan lebih cepat dan nggak kalah rapinya di banding memotong dengan gergaji manual biasa. 


Untuk memotong dengan bentuk condong atau biasa disebut dengan memprostek, Di tehnik inilah keunggulan mesin serkel itu berfungsi, Karna pekerjaan tukang kayu itu yang terumit adalah seperti ketika memprostek, Memotong kayu dengan skala besar, Dan lain sebagainya. Namun semua pekerjaan itu bahkan yang tersulit sekalipun, Bisa teratasi mudah dengan menggunakan mesin serkel ini. Karna mesin ini di lengkapi dengan setelen setelan yang lengkap, Seperti tinggi rendahnya mata gergaji, Jika akan melakukan penggergajian baik dalam posisi siku atau dengan posisi miring.Harga 1jt sampai 1.700 ,tegantung merek atau pilih yang harga second .


3.Mesin Profile (Spindle)

  Poros pisau terpasang vertikal (menghadap ke atas) pada sebuah permukaan meja mesin dan berfungsi untuk membuat bentuk profile pada sisi samping kayu. Jenis pisau bisa diganti sesuai dengan desain yang diinginkan. Pada kombinasi lain jumlah pisau bisa lebih dari satu dan seluruhnya terpasang secara vertikal. Proses bisa dilakukan setelah proses penggergajian karena hasil kerja mesin ini hampir sama dengan mesin serut, permukaan halus dan cukup dengan mesin amplas sebelum proses finishing.Harga 600rb sampai 1jt ,


4.Router

  Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.Harga 800rb sampai 2jt sesuai merek dan kondisi keuangan.


5.Mesin gerinda 

  mesin perkakas yang digunakan untuk mengasah/memotong ataupun menggerus benda kerja dengan tujuan atau kebutuhan tertentu. Prinsip kerja mesin gerinda adalah batu gerinda berputar bersentuhan dengan benda kerja sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan.


6.Mesin Bor (Drilling)
   Terdiri dari satu poros motor pada prinsipnya untuk membuat lubang pen, dowel atau lubang untuk sekrup dan alat tambahan lain yang berbentuk bulat. Perkembangannya saat ini mesin bor bisa untuk melakukan pengeboran beberapa lubang sekaligus pada satu permukaan secara horisontal maupun vertikal. Pengeboran sebaiknya dilakukan setelah seluruh permukaan kayu diserut dan dipotong pada ukuran jadi yang diinginkan.
  Dari beberapa mesin di atas masih ada tambahan seperti mesin amplas,mesin jigsaw dan mesin kompresor , selain alat serba mesin di atas sebagai tukang kayu wajib punya gergaji manual belah dan potong , siku ,palu-palu,meteran, pulpen atau pensil. untuk hasil karya yang lebih maksimal gunakan alat-alat di atas sesuai skil dan kemampuan masing.
SELAMAT BEKERJA



Share:

0 comments:

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Belajar pengenalan Hama dan penyakit pada padi

Padi merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hama dan penyakit pada padi antara lain : Bercak Cokelat pada ...

Followers

Blogger templates